Apa itu dermapen?

Merk Dermapen 3


Dermapen sebenarnya adalah sebuah merk electric microneedling device (alat microneedling listrik) asal Amerika Serikat (AS). Alat ini mempunyai mesin dimana jarum-jarumnya bisa naik-turun secara cepat. Alat ini telah mendapatkan paten resmi dari beberapa badan hukum  di negara tersebut. Namun, masih banyak orang menganggap bahwa dermapen adalah sebutan lain dari electric microneedling device (alat microneedle listrik). Padahal Dermapen adalah salah satu merk dari electic microneedling . Electric microneedling device adalah alatnya secara umum yang terdiri dari banyak merk salah satunya merk Dermapen tadi.

Mungkin untuk menghindari penyebutan merk, kita perlu membedakan merk Dermapen dengan istilah derma <spasi> pen yaitu untuk merujuk pada sebuah alat microneedling elektrik. Derma pen yang beredar di Indonesia merupakan produk buatan China dengan berbagai merk. Mengapa bisa dari China? Karena harganya murah. Sedangkan merk Dermapen buatan AS harganya berkali-kali lipat lebih mahal.

Dr. Pen Imitasi salah satu produk dari Dermapen
Apakah derma pen yang anda miliki atau beredar di Indonesia palsu? China memang terkenal dalam hal membuat imitasi sebuah barang. Beberapa derma pen yang diproduksi dari China banyak yang meniru derma pen dari merk resmi lain. Yang paling banyak beredar adalah imitasi derma pen dari merk My-M. My-M merupakan brand derma pen buatan Korea.  Imitasi My-M ini dibuat di China dengan merk MyM dan Dr. Pen dengan kemasan yang berbeda2. Untuk imitasi MyM ini terlihat sama persis dari aslinya. Namun, tentu bagian dalam kita tidak tahu secara pasti. Begitu pula, merk Dermapen dicontoh oleh perusahaan Dr. Pen tipe A1-C. Namun, penulis tidak mengatakan produk ini adalah imitasi karena dibuat tidak sama persis dengan bentuk aslinya dan diberi merk lain yaitu Dr.Pen, tipe A1-C. Karena brand Dr.Pen mempunyai banyak tipe dan beberapa mempunyai desainnya sendiri (tidak meniru). Saya mendapati bahwa harga asli My-M dari salah satu website online di Korea adalah USD $580 sedangkan merk Dermapen harga asli belum diketahui secara pasti namun di beberapa forum online ada yang menyebut sekitar $500. Harga yang fantastis. Sedangkan derma pen imitasi dari China seharga USD $25-100 (300rb-1,3 juta rupiah).


MyM Made in China
Bahkan Derma Pen China sampai ke Barat

Perusahaan AS terkenal fokus terhadap kualitas untuk memuaskan pelanggannya. Sedangkan China lebih mementingkan kuantitas. Ini jawaban yang subyektif. Perlu adanya pembuktian ilmiah dengan data untuk membandingkan kualitasnya. Untuk mengetahui secara pasti kita perlu bertanya kepada orang yang telah mencoba kedua alat tsb. Namun, jika kita melihat youtube banyak pula para youtuber yang terlihat menggunakan derma pen buatan China ini. Jadi, alat derma pen dari China tidak hanya masuk ke Indonesia saja namun juga di negara-negara lan termasuk Eropa dan Amerika. Hal ini, karena produk derma pen buatan Barat, contohnya Dermapen, susah dibeli secara online dan mungkin hanya kalangan praktisi kecantikan saja yang boleh memesan dengan syarat dan ketentuan yang berlaku. Oleh karenanya, jika kita bertanya mengapa beberapa youtuber menggunakan barang derma pen made in China? Ya, karena mendapatkan barang derma pen buatan negaranya sendiri susah. Dan mungkin saja, seperti yang penulis bilang sebelumnya bahwa produk ini tidak dijual bebas dan hanya untuk kalangan tertentu misalnya praktisi kecantikan atau dokter bedah/kulit dengan syarat dan ketentuan yang berlaku.

Derma pen di Indonesia banyak yang diimpor dari China. Dan penulis hampir tidak percaya jika ada yang menyebutkan bahwa derma pen yang dijualnya adalah berasal produk negara selain China. Karena apa? Konsumen Indonesia adalah kelas menengah ke bawah sehingga cenderung membeli produk terjangkau, apalagi jika dilihat dengan pendapatan per kapita penduduknya. Selain itu, derma pen bukan produk kebutuhan sehari-hari dan perusahaan derma pen hanya membuat satu produk sejenis ini saja. Oleh karena itu, perusahaan derma pen tidak mempunyai importir yang memborong barang untuk menurunkan harga. Hal ini mengakibatkan, produk perlu dibeli langsung dari negara asalnya dengan ongkos kirim dan pajak dibebankan kepada pembeli. Dan di negara maju yaitu semua negara Barat dan Korea, biaya produksi dan bahan jauh lebih mahal. Oleh karena itu, harga produk derma pen 500USD sangatlah wajar. Jika kita membeli produk derma pen seharga 500rb-2juta (43-180USD), apakah kita yakin produk tsb berasal dari Barat atau Korea?

Menurut informasi yang saya dapat biasanya barang eletronik dari China banyak diproduksi oleh perusahaan dari kota Shenzhen, China Mainland. Penulis tidak tahu menahu mengenai apakah semua derma pen asal China itu diproduksi dalam satu perusahaan. Jika iya, kita bisa pastikan kualitas semua derma pen China adalah sama. Namun, kita bisa lihat bahwa tiap brand memiliki desain yang berbeda-beda. Dan untuk tipe MyM, kita lihat banyak sekali kemasannya yg berbeda. Barang yang memiliki desain paling banyak di pasaran adalah tipe MyM. Dan hampir semua produk ini terlihat sama namun berbeda kemasan.

Sumber:
http://www.bomtech.net/e/product/medical_8.htm
http://www.bellaireindustry.com/microneedle.html
http://www.essentialdayspa.com/forum/viewthread.php?tid=49212


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Dermaroller 192/200 Jarum vs 540 Jarum

Susu Mungkin Penyebab Jerawat Anda