Dermaroller 192/200 Jarum vs 540 Jarum

Dermaroller termasuk alat yang konvensional dalam teknik microneedle. Alat ini dioperasikan dengan sebuah roll yang mempunyai banyak jarum di atasnya. Tidak seperti derma pen yang menggunakan listrik untuk menggerakkan motor supaya jarum bisa naik turun, derma roller hanya dioperasikan menggelinding di atas kulit menggunakan  gagang yang menyatu dengan roll yang memiliki jarum-jarum. Derma roller yang beredar di Indonesia adalah produk buatan China. Dan ada 2 tipe secara garis besar yang dikategorikan berdasarkan banyaknya jumlah jarum yaitu dermaroller dengan 192 jarum dan 540 jarum. Harga derma roller dengan 192 jarum lebih mahal daripada 540 jarum. Kok bisa? Hal ini akan dibahas pada tulisan ini. Dan bagaimana kualitas terhadap kulit? Apakah lebih banyak jarum lebih efektif?

Derma roller tipe 192 jarum sekarang sangat jarang ditemui di online store baik lokal maupun internasional. Mungkin karena harganya yang relatif lebih mahal membuat roller tipe ini tidak diminati oleh para pembeli. Sebenarnya apa yang membedakan antara roller 192 dengan 540? Yang pertama adalah teknik pembuatan jarumnya dan yang kedua adalah bahan untuk pembuatannya. Banyak para penjual mengaku bahwa produk yang dijualnya adalah titanium. Namun, beberapa pembeli ada yang bilang bahwa jarumnya terlalu tumpul.

Titanium merupakan coating dari jarum biasa. Jadi, itu adalah pelindungnya. Dari pengalaman penulis, derma roller yang memiliki jarum titanium emas lebih tajam dari pada yang silver. Namun, ini belum tentu benar juga. Karena penulis juga pernah mendapatkan derma roller titanium silver yang tajam. Derma roller dengan jarum titanium yang tajam baik silver maupun gold itu penulis dapatkan dari derma roller dengan merk MNS dengan jumlah jarum 192.

Nah, sekarang kita akan membandingkan teknik pembuatan derma roller 192 vs 540. Tentu,bagi orang awam semua pembuatan derma roller adalah dengan memasukkan jarum satu-satu ke dalam roll. Hal ini benar untuk tipe roller 192. Namun, untuk roller 540 pembuatan jarum-jarumnya berbeda. Simak gambar di bawah:

Terlihat pada gambar bahwa derma roller 540  jarum terbuat dari lempengan lingkaran yang dibentuk jarum-jarum pada pinggirnya. Kemudian bentuknya adalah diamond. Roller ini bukan dibuat dengan jarum beneran karena bentuknya hampir mirip mata pisau ujung lancip namum melebar ke pangkal. Jadi, jika digunakan pada kulit akan akan seperti menusuk dan mengiris. Namun, derma roller dengan jarum 192 terlihat menggunakan jarum sesungguhnya dan dipasang satu-satu ke dalam roller. Disini kita tahu mengapa harga derma roller 192 lebih mahal karena biaya memasang jarum-jarumnya tentu lebih mahal. Berikut video derma roller tipe 540:

Dari pengalaman penulis, derma roller tipe 540 ini banyak yang memiliki jarum silver dan jika mendapatkan warna silver ini jarum-jarumnya terasa tumpul. Penulis pernah mendapatkan tipe 540 dengan warna jarum gold dan lumayan tajam di kulit.

Roller tipe 540 jarum inilah yang sangat gencar dijual oleh toko-toko online dengan harga terjangkau. Jika anda membeli roller tipe ini penulis sarankan pilih yang mempunyai jarum warna gold. Namun, penulis lebih menyarankan anda untuk membeli roller dengan jumlah jarum 192 atau 200. Alasan lain mengapa jarum 192 lebih efektif di kulit adalah karena tekanan dari jarum makin bertambah karena jarumnya lebih sedikit. Jika anda pernah menonton atraksi seseorang yang terlentang di atas ratusan paku dan tidak mengalami perdarahan maka hal itu disebabkan oleh tekanan paku ke kulit berkurang karena sangat banyaknya paku-paku lain yang ikut menekan kulit.

Derma roller 192 ada beberapa versi yaitu zgts, mns, dan dns. Penulis pernah mendapatkan derma roller zgts, namun sepertinya jarum-jarumnya bukan terbuat dari titanium. Karena warna jarumnya seperti kawat biasa putih kehitam-hitaman dan terlihat tidak tajam di ujung jarumnya. Namun, penulis pernah menanyakan ke penjual lain bahwa mereka menjual zgts dengan titanium gold. Sepertinya, ada beberapa perusahaan yang membuat derma roller sehingga walaupun terlihat sama tetapi kualitas berbeda. Saya mendapati roller dns itu ada juga yang berwarna gold dan silver, namun penulis belum pernah membelinya. Sepertinya jika dilihat dari harganya, diantara ketiga roller 192 di atas yang paling mahal adalah merk MNS. Walaupun roller ini terlihat sederhana, namun kualitas jarumnya sangat tajam. Penulis berkali-kali beli MNS baik silver maupun gold semuanya tajam.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Apa itu dermapen?

Susu Mungkin Penyebab Jerawat Anda